Sabtu, 12 Januari 2013



 Mobil Bertenaga Surya

Malang - (Senin, 07.01.2012)  Mobil Ferari Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan ini mendapat saingan baru para siswa sebuah SMK di Malang, Jawa Timur siap berhasil membuat mobil bertenaga surya dengan kecepatan 70 KM/perjam. Mobil para siswa ini dinamakan Suryawangsa Smart Education Solar Car.
Inilah Suryawangsa Smart Education Solar Car. Mobil bertenagakan listrik dari matahari dapat melaju sempurna dengan kecepatan 70 KM/jam dan bertahan selama 12 jam. Merupakan kreasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadyah 7, Gondang Legi, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Suryawangsa Smart tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan tenaga batterai yang bersumber dari sinar matahari, kemudian diubah menjadi energi listrik dan disimpan oleh Photovoltaic
Suryawangsa dilengkapi empat unit Photovoltaic yang merubah sinar matahari menjadi listrik. Kemudian disalurkan ke batterai sebagai daya dorong mobil untuk melaju.
Selain itu ada 8 unit batterai yang memberi daya sehingga kendaraan dapat melaju dengan jarak tempuh 100 KM. Jika dalam kondisi panas, mobil ini dapat digunakan lebih dari 12 jam tanpa diisi ulang batterainya.
Karya inovasi yang tercetus dari keinginan membantu pemerintah mengatasi kelangkaan BBM dan diharapkan dapat bersaing dengan produk mobil nasional lainnya.
Dibutuhkan waktu 20 bulan untuk menghasilkan 1 unit mobil Suryawangsa Smart dengan biaya tidak kurang 250 juta rupiah. Mobil Suryawangsa siap bersaing dengan produk mobil listrik lainnya, termasuk dengan Ferari ala Dahlan Iskan, asalkan pemerintah memberikan bantuan dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar